Jumat, 31 Juli 2009

Saran Untuk Pemain Basket Pemula

Basket adalah permainan Tim. Bukan permainan inidividu. Jadi tidak bisa kita hanya mengandalkan kemampuan teman satu tim. Tapi kita juga tidak bisa mengandalkan kemampuan diri sendiri. Perlu adanya keseimbangan di dalam tim. Perlu adanya kerjasama dalam tim. Tentunya, tim yang memiliki kemampuan individu yang lemah pun juga tidak bisa diharapkan untuk memenangkan pertandingan basket. Kemampuan individu yang hebat dalam bermain basket sangatlah penting guna memenangkan pertandingan. Semakin banyak individu yang memiliki kemampuan hebat, maka akan semakin besar kemungkinannya untuk menang. Dan tentunya harus dengan kerjasama.


Disamping itu, sebenarnya apa yang perlu pertama kali dilakukan oleh pemain pemula? Supaya bisa menjadi pemain yang memiliki kemampuan individu yang hebat? Mana yang lebih diutamakan sebenarnya dalam bermain basket, teknik atau fisik? Atau malah ego?


Menurut hemat saya, yang perlu diutamakan pertamakali oleh seorang pemain basket pemula adalah kemampuan fisik, Kemampuan fisik dalam bermain basket sangatlah vital mengingat dalam tempo 4 kali 10 menit pemain diharuskan terus berlari bolak-balik di dalam lapangan berukuran berukuran 15 x 28 meter ini. Tidak seperti sepakbola yang mana seorang pemain memiliki jeda untuk beristirahat karena lapangan yang luas. Dalam basket, permainannya sangat cepat. Dalam sekali serangan setiap tim diberi waktu 24 detik. Jika melebihi itu maka akan terkena pelanggaran. Membawa bola dalam area sendiri juga hanya diberi waktu 10 detik. Dan juga ketika sudah melewati garis tengah, bola tidak boleh dikembalikan lagi ke area sendiri. Tentu saja, olahraga seperti ini memerlukan stamina khusus. Jadi, kemampuan fisik harus diutamakan dalam setiap latihan seorang pemain pemula.


Kita analogikan begini, seorang pemain handal dengan kemampuan skill tingkat tinggi namun memiliki kemampuan fisik yang lemah, maka akan kalah dengan pemain yang memiliki fisik yang kuat dengan kemampuan yang rata-rata. Seorang pemain yang memiliki fisik yang kuat mampu berlari kesana kemari tanpa merasa kelelahan, sedangkan pemain dengan fisik yang lemah akan terasa cepat lemas. Dan bisa dipastikan yang mampu bertahan lebih lama di dalam lapangan adalah pemain yang memiliki fisik kuat.


Namun, memiliki skill dribble, shout, dan passing juga merupakan hal penting. Maka dari itu, disela-sela berlatih fisik harus diselingi berlatih teknik dasar tersebut. Karena teknik dasar sangat diperlukan dalam bermain basket. Jika antara fisik dengan teknik dasar digabungkan maka akan tercipta kemampuan individu yang hebat. Namun, sebagai pemula, utamakan latihan fisik terlebih dahulu dengan diselingi latihan teknik dasar. Jika fisik sudah bagus, maka barulah berkonsentrasi untuk meningkatkan kemampuan teknik dengan diselingi berlatih fisik.


Maka, dengan memberi skala prioritas seperti itu, diharapkan bisa fokus sehingga kualitasnya akan lebih bagus jika dibandingkan dengan yang tidak fokus, yaitu mengerjakan dua hal dalam satu waktu. Tentu saja, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama, tapi hasilnya akan lebih memuaskan. Dalam hal ini, mengorbankan hal-hal yang menyenangkan untuk kita kadang perlu dilakukan. Tapi hasilnya memang setimpal dengan apa yang kita korbankan. No Success without fail.


Jadi, berlatih fisiklah terlebih dahulu. Fokus dalam latihan fisik, namun tetap diselingi latihan dasar. Setalah fisik bagus, barulah fokus berlatih teknik dengan diselingi latihan fisik. Setalah itu, tingkatkan KERJASAMA TIM. Itulah yang terpenting dalam bermain basket.

0 komentar:

Posting Komentar

FikriTheAdventurer © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute